Gempa 7,3 SR Menggoncang Pantai Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Perasaan panik menimpa sejumlah penduduk saat terjadinya gempa yang berkekuatan 7,3 SR. Ekspresi tegang, cemas, panik bercampur jadi satu dirasakan oleh penduduk yang pada berhamburan keluar rumah menuju tempat yang lebih aman. Sebagian tembok dan kaca rumah-rumah penduduk retak, bahkan ada rumah penduduk yang ambruk.
Berdasarkan sumber dari BMG, guncangan gempa yang terjadi pada hari Rabu tanggal 2 September 2009 ini adalah gempa tektonik dan tidak berpotensi tsunami, terjadi dalam durasi sekitar 1 sampai 2 menit, yaitu :
  • Terjadi pada pukul 14:55:00 WIB, lokasi di 8.24 LS – 107.32 BT dengan kekuatan 7.3 SR pada kedalaman 30 Km dan pusat gempa berada di 142 km Barat Daya TASIKMALAYA-JABAR
  • Terjadi pada pukul 15:15:55 WIB, lokasi di 8.17 LS – 107.30 BT dengan kekuatan 5.1 SR pada kedalaman 38 Km dan pusat gempa berada di 138 km Barat Daya TASIKMALAYA-JABAR
  • Terjadi pada pukul 16:28:45 WIB, lokasi di 8.14 LS – 107.28 BT dengan kekuatan 5.4 SR pada kedalaman 15 Km dan pusat gempa berada di 137 km Barat Daya TASIKMALAYA-JABAR

Seperti yang diberitakan Liputan6 SCTV, bahwa :

Gempa tektonik merobohkan dinding puluhan rumah di Sagaranten, sekitar 40 kilometer selatan Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/9). Sejumlah warga pun dilaporkan terluka akibat tertimpa runtuhan dinding. Gempa juga membuat warga berhamburan keluar rumah.

Guncangan juga terasa hingga Jakarta yang membuat panik penghuni gedung-gedung pencakar langit. Di luar gedung banyak karyawan dan pengunjung Senayan City berhamburan keluar. Ada yang langsung pulang dengan kendaraan masing-masing, ada pula yang berdiri dan duduk depan gedung menanti perkembangan situasi. Selang beberapa menit, karyawan gedung mengajak orang-orang yang di luar gedung masuk ke dalam karena situasi sudah kondusif.

Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter juga mengakibatkan korban meninggal dunia dan luka-luka di sejumlah daerah, seperti di Pangalengan, Kabupaten Bandung; Sukabumi, dan Garut, Jawa Barat. Di Pangalengan, setidaknya dua orang dilaporkan meninggal dunia, puluhan orang luka-luka, dan puluhan rumah rusak. Sementara itu, di Garut, Jabar, setidaknya dua orang dilaporkan meninggal dunia, dan puluhan luka-luka. Di Sukabumi, Jabar, dilaporkan setidaknya satu korban meninggal dunia.(LUC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *