Serangan Muntaber di Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis

Puluhan warga mulai anak-anak hingga dewasa di Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis mengalami serangan penyakit muntah berak (Muntaber).
Sudah sekitar satu minggu terakhir ini sejumlah warga yang mengalami penyakit muntaber, bahkan sudah mencapai puluhan orang. Sementara sampai saat ini belum diketahui apa penyebabnya, padahal hanya perubahan cuaca saja yang dirasa selama ini. Memang bila musim pancaroba sangat rentan diserang beberapa penyakit seperti : muntaber, flu dan ispeksi saluran pernafasan (Ispa). Biasanya warga yang mengalami muntaber lebih disebabkan kurang memahami pola hidup sehat termasuk pola mengkonsumsi makanan.
Wabah muntaber yang pada saat ini menyerang sejumlah warga di Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis, dinyatakan sebagai Keadaan Luar Biasa (KLB).
Sejumlah data menyebutkan jumlah korban muntaber mencapai sekitar 80 orang yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Cimerak (Desa Masawah, Desa Cimerak, Desa Sukajaya, Desa Legokjawa dan beberapa desa lainnya). Jumlah korban ini kemungkinan makin bertambah. Hingga saat ini sebanyak 2 orang meninggal dunia. Lantaran jumlah korban muntaber semakin bertambah, pihak Puskesmas Cimerak merasa hampir kewalahan, hal ini dikarenakan tempat/fasilitas yang ada tidak cukup untuk melayani pasien, sehingga sebagian korban dilarikan ke Puskesmas Parigi dan Puskesmas Pangandaran.
Informasi dari setiap desa di Kecamatan Cimerak, wabah muntaber ini sampai saat ini masih terus berlanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *