Wabah Muntaber di Desa Masawah Kecamatan Cimerak

Masawah, 23 Januari 2010: Wabah muntah berak (muntaber) di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis, masih terus berlangsung, dan warga yang terserang wabah terus bertambah. Selama ini pihak Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Masawah sudah berupaya melaksanakan penanganan secara intensif dengan memberikan bantuan obat-obatan untuk mengatasi kejadian luar biasa ini.

Menurut data yang dihimpun oleh Posko Penanganan Wabah Muntaber yang difasilitasi Pemerintah Desa Masawah, jumlah penderita muntaber telah mencapai angka 13 jiwa dalam kurun waktu satu minggu terakhir ini, saat ini berada dalam perawatan medis, yaitu : Dayatulloh (10 th), Anwar (14 th), Yogi (15 th), Euis (7 th), Ilham (15 th), Farid (14 th), Atik (14 th), Dudu Durahim (45 th), Sinta (8 th), Wawan (49 th), Imas (11 th), Inri (13 th) dan Nurul (13 th).

Sejumlah warga yang terserang wabah muntaber tersebut saat ini dirawat di beberapa tempat, yaitu : berada dalam penanganan Puskesmas Pembantu (Pustu) Masawah = 5 orang, di Puskesmas Cimerak = 3 orang, di Puskesmas Pangandaran = 3 orang, di RSUD Ciamis = 1 orang dan di RSUD Banjar = 1 orang.

Untuk mengawasi penularan muntaber, maka pemerintah desa Masawah telah menghimbau kepada masyarakat mengenai perihal prilaku hidup sehat, seperti pengelolaan sanitasi lingkungan, pola makan minum dan lain-lain. Dengan adanya himbauan ini, maka diharapkan tingkat kesadaran masyarakat perihal pola hidup sehat makin bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *