Peningkatan Kapasitas bagi Relawan Desa Tangguh Bencana

Desa Tangguh Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan (Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012).

Pada tahun 2013 di Desa Masawah telah terbentuk Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM).

Guna meningkatkan masyarakat tangguh bencana, sejak hari Sabtu (13/12) FKDM Desa Masawah bekerjasama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat  menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi relawan baru, bertempat di Aula Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari Kepala Desa, Babinsa, 2 orang anggota BPD, 3 orang anggota Linmas, 1 orang anggota LPM, 17 orang kader PKK, 4 orang dari Karang Taruna, 13 orang Ketua RT, 5 orang Ketua RW,  2 orang Nelayan dan 1 orang Tokoh Masyarakat.

Tema kegiatan pelatihan tersebut yaitu Pelatihan Dasar Relawan Penanggulangan Bencana Menuju Desa Tangguh dan bertindak sebagai instruktur/narasumber adalah BPBD Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta Satgas Penanggulangan Bencana.

Salah satu indikator desa tangguh bencana yaitu adanya kebijakan/peraturan di desa tentang penanggulangan risiko bencana, meliputi dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Desa (RPB Desa), Rencana Kontinjensi Desa (Renkon Desa) dan Rencana Aksi Komunitas (RAK) sebagai dokumen resmi untuk acuan perencanaan pembangunan dan respon bencana di Desa. Demikian disampaikan Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Barat Rano Harjaya.

Sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah masyarakat memiliki kesiapan untuk menghadapi bencana dan kemampuan untuk mengurangi risiko, serta memiliki ketahanan dan kekuatan untuk membangun kembali kehidupannya setelah terkena dampak bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *