Peningkatan Kapasitas Rukun Warga dan Rukun Tetangga Tahun 2015

Selasa, 9 Juni 2015, Pemerintah Desa Masawah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis administrasi bagi Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Masawah dalam rangka meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Masawah, dimana jumlah peserta yang hadir sebanyak 62 orang, terdiri dari 14 orang Ketua RW, 43 orang Ketua RT dan 5 orang Kepala Dusun.

Dalam sambutannya menuturkan bahwa RW dan RT sebagai lembaga kemasyarakatan desa mempunyai tugas melakukan pemberdayaan masyarakat Desa, ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan meningkatkan pelayanan masyarakat Desa. Tugas tersebut antara lain menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, melaksanakan, mengedalikan, memanfaatkan, memelihara dan mengembangkan pembangunan secara partisipatif, menggerakkan dan mengembangkan partisipasi gotong royong dan swadaya masyarakat, serta menumbuhkembangkan kondisi dinamis masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Beberapa narasumber yang mengisi Bimbingan Teknis ini adalah Yaya Yakub (Sekretaris Desa Masawah), Nunu Aripin (Kasi Pemerintahan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Lukmanulhakim (Kasi Perekonomian dan Pembangunan) dan Asep Saepullah (Kasi Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat) dengan beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang tugas pokok dan fungsi RW/RT, jenis dan bentuk administrasi RW/RT berikut tata cara pengisiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *