Jelang Ramadhan Pantai Madasari Dipadati Pengunjung

Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan, ratusan bahkan ribuan pengunjung memadati objek wisata Pantai Madasari yang merupakan objek wisata yang mulai banyak diminati tepatnya di Desa Masawah kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.

Mereka membawa keluarga untuk mengisi acara munggahan yang sudah menjadi tradisi turun temurun di kalangan masyarakat, khususnya di tatar sunda Jawa Barat. Selain itu, tradisi munggahan juga merupakan bentuk rasa hormat dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan itu penuh berkah dan ampunan. Dimana ketika bulan Ramadhan Allah menurunkan rahmat dan pahala berlipat untuk setiap ibadah yang dilakukan manusia.

Munggahan berasal dari kata unggah yang memiliki arti naik. Dalam kamus bahasa sunda unggah berarti  naek ka tempat nu leuwih luhur, artinya naik ke tempat yang lebih tinggi. Munggah dalam menghadapi bulan Ramadhan adalah naik ke bulan yang tinggi derajatnya.

Kegiatan dalam acara munggahan ini sangat beragam, diantaranya makan-makan bersama keluarga sambil menikmati pemandangan laut.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *