Rangkaian Kegiatan Memeriahkan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di Desa Masawah

Senin tanggal 17 Agustus 2015 merupakan Hari Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia. Masyarakat Desa Masawah khususnya telah menyambut dan memeriahkannya, mulai pemasangan Bendera Merah Putih dan berbagai atribut umbul-umbul yang ikut mewarnai kemeriahan HUT RI.

Selain acara puncak yaitu upacara bendera pada Senin, 17 Agustus 2015 pagi hari, beberapa kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-70 Kemerdekaan RI di Desa Masawah, sejak awal bulan telah diselenggarakan beberapa jenis kegiatan yaitu pemasangan umbul-umbul sejak tanggal 1 Agustus 2015 dan tanggal 14-18 Agustus pemasangan Bendera Merah Putih di depan setiap rumah warga dan kantor instansi serta kegiatan berbagai jenis perlombaan antara lain :

  1. Pertandingan Olahraga
    Pertandingan olah raga diselenggarakan oleh Karang Taruna dibawah koordinasi panitia c.q. seksi olah raga, jenis dan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :
    • Pertandingan Bola Voli antar Dusun, dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus dan final pada tanggal 17 Agustus 2015 telah berhasil mengukuhkan tim Dusun Memengger (juara I) dan tim Dusun Babakan (juara II).
    • Pertandingan Sepak Bola antar Dusun, dilaksanakan sejak tanggal 8 Agustus dan berakhir final pada tanggal 16 Agustus 2015 telah berhasil mengukuhkan tim Dusun Madasari sebagai pemenang setelah berhasil mengalahkan tim Dusun Memengger, posisi juara ketiga diraih tim Sepak Bola Dusun Masawah.
  2. Perlombaan Bidang Keagamaan
    Perlombaan bidang keagamaan dilaksanakan 1 (satu) hari tanggal 9 Agustus 2015 oleh MUI Desa Masawah dibawah koordinasi panitia c.q. seksi keagamaan. Jenis dan hasil kegiatan sebagai berikut :

    Jenis Kegiatan Juara I Juara II
    MTQ Tingkat Anak-anak Putra ILHAM M(Dusun Madasari) FAHMI R(Dusun Masawah)
    Putri YESI L(Dusun Babakan) NAJWA(Dusun Nyalindung)
    MTQ Tingkat Remaja Putra UUS(Dusun Nyalindung) IRFAN H(Dusun Memengger)
    Putri RISMA SF(Dusun Babakan) ATIKAH(Dusun Memengger)
    Lomba Pidato Tingkat Kanak-kanak Putra FAHMI(Dusun Memengger)
    Putri SEPTIA N(Dsn Memengger) DAIS(Dusun Madasari)
    Lomba Pidato Tingkat Remaja Putra RIDWAN(Dusun Nyalindung) IRFAN H(Dusun Memengger)
    Putri WINDA(Dusun Masawah) MIA(Dusun Memengger)
    Praktek Shalat Fardu Tingkat Anak-anak Putra EFRI F(Dusun Nyalindung) AGNI(Dusun Babakan)
    Putri WAFA S(Dusun Masawah) EVA ZF(Dusun Nyalindung)
  3. Perlombaan Dusun
    Dalam rangka menilai keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dilakukan perlombaan dusun sebagai upaya peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat. Penilaian perlombaan dusun dilakukan berdasarkan indikator penilaian. Indikator penilaian perlombaan dusun meliputi pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul, pelaburan, gapura dan jalan lingkungan, sarana dan prasarana keagamaan, administrasi Dusun, RW dan RT.
    Adapun hasil kejuaraan perlombaan dusun yaitu :
    Indikasi Penilaian Juara I Juara II Juara III
    Pemasangan Bendera dan Umbul-umbul Dusun Nyalindung Dusun Masawah Dusun Memengger
    Pelaburan, Penataan Gapura dan Jalan Gang Dusun Madasari Dusun Masawah Dusun Nyalindung
    Sarana/Prasarana Keagamaan Dusun Masawah Dusun Babakan Dusun Madasari
    Administrasi Dusun Dusun Memengger Dusun Masawah Dusun Nyalindung
    Administrasi RW RW. 010 Dusun Nyalindung RW. 001 Dusun Masawah RW. 004 Dusun Babakan
    Administrasi RT RT. 006 Dusun Masawah RT. 025 Dusun Memengger RT. 001 Dusun Masawah
  4. Lomba Posyandu
  5. Upacara 17 Agustus
    Pelaksanaan upacara dilaksanakan di lapang Desa Masawah mulai Pukul 08.30 s.d. 09.45 WIB. Peserta upacara terdiri dari Siswa-siswi PAUD, TK, RA, SD, MI, MTs, SMK dan Masyarakat serta Tamu Undangan (Anggota BPD, Anggota LPMD, Anggota MU Desa, Guru-guru, Pimpinan Ponpes, Para Haji/Hajjah, Pensiunan TNI/Polri, mantan Kepala Desa/Perangkat Desa dan mantan Anggota BPD) serta mahasiswa-mahasiswi dari Unsil yang sedang melaksanakan KKN di Desa Masawah.
  6. Pawai
    Setelah selesai pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2015, dilanjutkan dengan pawai seluruh peserta upacara dengan rute dari lapang upacara menuju halaman kantor Pemerintah Desa.
  7. Pameran Kuliner
    Pameran kuliner dengan peserta anggota PKK masing-masing dusun dan mahasiswa-mahasiswi dari Unsil yang sedang melaksanakan KKN di Desa Masawah.
  8. Pentas Seni
    Pentas seni di Aula Desa Masawah dengan menampilkan Qasidah Rebana dari setiap dusun, tari-tarian dari siswa/siswi SD dan penampilan pencak silat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *