Pesona Alami Goa Pasir Peuteuy

Pintu Masuk Goa Pasir Peuteuy

Selain pantai yang masih alami, ternyata ada lagi tempat wisata di Desa Masawah yang tak kalah indahnya yaitu goa, salah satunya adalah Goa Pasir Peuteuy.

Goa Pasir Peuteuy merupakan sebuah goa yang memiliki tekstur tanah yang mengandung bahan fosfat. Meski belum dibuktikan secara ilmiah namun kandungan tanah fosfat tersebut menjadi sumber daya alam dan memiliki daya tarik tersendiri. Selain tanahnya yang mengandung fosfat, panorama Goa Pasir Peuteuy menyuguhkan ornamen stalagtit dan stalagmit.

Sepanjang penelusuran kami, Goa Pasir Peuteuy memiliki panjang sekitar 500 Meter dan lebar sekitar 10 Meter dengan ketinggian sekitar 15-20 Meter, meskipun kami belum menemukan titik akhir dari Goa Pasir Peuteuy.

Lokasi Goa Pasir Peuteuy berada di atas bukit Pasir Peuteuy dan Pasir Pilar di Dusun Masawah. Akses jalan menuju goa masih berupa jalan setapak sehingga akan membuat para penelusur harus ekstra hati-hati. Menurut warga sekitar, jarang sekali Goa Pasir Peuteuy dikunjungi oleh masyarakat karena akses pintu masuk ke dalam goa sangat curam sehingga harus membawa tangga.

Ornamen Stalagtit
Panorama Goa
Ornamen Stalagtit
Tanah Fosfat

Ornamen Stalagmit

4 thoughts on “Pesona Alami Goa Pasir Peuteuy

  1. @syafrudinmtop Pada saat ini Goa tersebut memang belum dibuka untuk wisata, soalnya belum ditata dengan baik, pihak kami saat ini masih melakukan inventarisasi data goa-goa yang ada di wilayah desa kami untuk nantinya dikembangkan sebagai lokasi kunjungan wisata, mudah-mudahan cepat terlaksana, kami mohon dukungannya dari semua pihak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *