GIAT KERJASAMA FKDM

Dengan hadirnya program Desa Tangguh Bencana BNPB ini masyarakat mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan tentang kerangka dan paradigma sistem penanggulangan bencana nasional. Masyarakat mengetahui tentang bagaimana mengkaji risiko di wilayah Desa Masawah, menyusun rencana penanggulangan bencana pada saat pra, tanggap, dan pasca bencana. Menyusun rencana evakuasi dan peringatan dini. Menyusun Rencana Kontinjensi. Dan yang paling penting lagi adalah terbentuknya Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Masawah yang akan mengawal keberlanjutan penyelenggaran penanggulangan bencana di Desa. Dengan adanya FKDM ini juga, masyarakat telah memiliki wadah yang representatif untuk mengekspresikan dan menggagas berbagai program untuk menangani bencana. Juga menjadi sumber berbagi pengetahuan serta rembug antar pihak dari semua kalangan.

  • Program Desa Tangguh Bencana ini telah memberi dampak yang cukup positif untuk masyarakat Desa, hal-hal positif tersebut perlu dipertahankan dan didukung terus. Beberapa poin positif tersebut perlu dipertahankan kedepan adalah:
  • Dukungan penuh dari Pemerintah Desa baik dalam pelaksanaan maupunkedepannya.
  • Dukungan dan antusias masyarakat dan lembaga kemasyarakatan desa dalam menyambut programini dan komitmen untuk melanjutkan program.
  • Dukungan dari BNPB dan BPBD dalam pemenuhan kebutuhan teknis kegiatanbaik materi maupun non materi.
  • Komunikasi yang baik dan positif antara Fasilitator, BPBD, Pemerintah Desa dalam menuntaskan program.
  • Kesanggupan untuk saling membantu dalam berbagai kesulitan dan tantanganyang dihadapi baik Fasilitator, BPBD, dan Pemerintah Desa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *