Jambore Desa “JADE” 2017

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat mempersembahkan “JADE” Jambore Desa 2017. Kemajuan Jabar merupakan wujud nyata hasil pembangunan desa dari pinggiran.
Membutuhkan kerja sama dan koordinasi seluruh komponen untuk mencapaikan kesejahteraan masyarakat Jabar melalui pembangunan desa yang dapat membawa dampak sosial ekonomi kepada masyarakat, khususnya di daerah perdesaan.
Dengan semangat dan tema JADE “Bersatu Membangun Desa-Kelurahan, Bersinergi Membangun dari Pinggiran” sebagai pondasi kekuatan NKRI dan memperbadayakan desa dan kelurahan.
Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan di Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Pada tanggal 11-12 Desember 2017, dengan kegiatan :
  1. Kegiatan Defile dan Pembukaan JaDe 2017
  2. Kegiatan Lomba Cepat-Tepat JaDe “Implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa”.
  3. Pameran Inovasi Desa dan Kelurahan Berprestasi tingkat Jawa Barat dan Pameran Produk Ekonomi Perdesaan dan Teknologi Tepat Guna (TTG)
  4. Ngaliwet Kades Lurah bareng Gubernur-Wakil Gubernur
  5. Riungan Kades dan Lurah “Saling Berbagi Inovasi”
  6. Dialog Spesial JaDe 2017 dilanjut Penutupan Kegiatan JaDe 2017
Jambore Desa yang disingkat menjadi “JADE” memiliki arti dalam Bahasa Inggris sebagai “Batu Mulia”. Batu dan Mulia berarti batu sebagai benda keras (bukan logam) yang berasal dari bumi/tanah, salah satu fungsi yang sangat penting untuk pondasi sebuah konstruksi. Mulia memiliki makna tinggi (kedudukan, pangkat, martabat) atau luhur (budi pekerti atau hati).
Oleh karena itu, Jambore Desa disebut “JADE” dimaknai peranan Pemerintah Desa dan Kelurahan serta kelembagaan di Desa dan Kelurahan dalam membangun wilayahnya merupakan pondasi kekuatan NKRI, dan tugas memberdayakan masyarakat desa dan kelurahan merupakan tugas yang sangat mulia yang dilakukan oleh pemerintahan desa serta kelembagaan di desa dan kelurahan.
Tema Kegiatan “JADE” adalah “Ngahiji Ngurus Desa (Kelurahan), Pacantel Keur Pangwangunan” atau “Bersatu Membangun Desa (Kelurahan), Bersinergi untuk Pembangunan”.

Sumber:  http://dpmdesa.jabarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *