Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani

MASAWAH – Tanaman padi di Desa Masawah tidak pernah lepas dari serangan hama penggerek batang padi setiap tahunnya. Hama penggerek batang padi dapat menyerang berbagai tingkat perkembangan tanaman padi dari persemaian sampai menjelang bunting, di persemaian serangan hama ini masih sangat rendah kemudian meningkat setelah tanaman dipindahkan ke sawah. 

Pelatihan penanggulangan hama terpadu ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para petani tentang gejala serangan hama padi, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan populasi hama padi dan pengendalian secara terpadu hama padi. 

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan input berupa pengetahuan dan keterampilan para petani di Desa Masawah terutama dalam pengendalian hama terpadu.

Pelatihan Penanggulangan hama terpadu diikuti oleh 30 orang peserta dari kelompok tani di Desa Masawah. Seluruh peserta diberikan pengetahuan tentang gejala serangan, faktor-faktor yang mempengaruhi serangan, jenis-jenis penggerek batang padi, musuh alaminya dan pengendalian hama secara terpadu. Materi diberikan dengan menggunakan penjelasan dan tanya jawab dan diajak diskusi agar lebih memantapkan pengetahuannya.

Pada pemateri yang kedua diberikan penjelasan dan praktik pembuatan kompos cair, sehingga para petani faham bahwa kompos cair untuk mengusir hama bisa dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *