Pelatihan Anyaman Pandan

MASAWAH –  Rabu (13/12/2017) pelatihan anyaman pandan dilaksanakan di Balai Dusun Madasari Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran diikuti oleh 20 orang peserta.

Seluruh peserta diberikan pengetahuan tentang cara menganyam pandan oleh kedua pelatih, produk yang dipraktikan adalah membuat tikar pandan, yang saat ini sudah mulai terlupakan, padahal samak pandan sangat nyaman untuk digunakan.

Selain itu pelatihan ini selain bertujuan pengembangan usaha anyaman pandan dengan peran ganda wanita sebagai ibu rumah tangga, bahwa produk samak pandan yang dihasilkan tidak serta merta digunakan untuk orang yang sudah meninggal, sehingga mitos samak pandan identik untuk menjadi alas bagi orang yang sudah meninggal akan dihilangkan dengan membuat senyaman dan semenarik mungkin dan mensosialisasikan bahwa samak anyaman pandan tidak hanya untuk alas orang yang sudah meninggal.

Menurut Kasi Ekbang pelatihan anyaman ini harus dimanfaatkan sebagai pengalaman dan menyerap semua ilmu yang diberikan pelatih karena dengan begitu diharapkan menjadi manfaat bagi semua peserta.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *