September 27, 2020

Pemdes Masawah

Portal Resmi Desa Masawah

Rapat Pembahasan Raperdes Pengelolaan ADD dan Pengelolaan Perpustakaan Desa

1 min read

MASAWAH – Selasa (15/5/18) bertempat di Aula Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran telah diselenggarakan rapat dalam rangka pembahasan Raperdes tentang Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Raperdes tentang Pengelolaan Perpustakaan Desa.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu sumber pendapatan desa berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima Kabupaten, dimana pengelolaannya harus dapat dipertanggungjawabkan secara administratif, teknis, dan hukum. Penggunaan ADD diprioritaskan untuk membiayai kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sedangkan untuk perpustakaan desa, pada tahun 2015 Pemdes Masawah mendapat bantuan dari Gubernur sebanyak 1.000 buku antara lain buku materi SD, SLTP, Pertanian, Novel dan sebagainya. Pemdes Masawah berharap lembaga pendidikan dan masyarakat Desa Masawah bisa memanfaatkan buku yang sudah tersedia di perpustakaan desa tersebut.

Perpustakaan desa diselenggarakan oleh pemerintah desa yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pengembangan perpustakaan di wilayah desa serta melaksanakan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum yang tidak membedakan usia, ras, agama, status sosial ekonomi dan gender. Dalam rangka memberikan kemudahan dan jaminan hak bagi masyarakat untuk memperoleh layanan perpustakaan, guna meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan, maka perlu adanya pengaturan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.