Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa Tahun 2018

MASAWAH – Guna meningkatkan wawasan pandangan dan keterampilan penyelenggaraan Pemerintahan desa dalam upaya mewujudkan sistem pemerintahan desa yang baik, bertempat di Aula Desa Masawah Kecamatan Cimerak, pada Kamis (5/7) dilaksanakan bimtek pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan desa dan sosialisasi Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 24 Tahun 2018 bagi Aparatur Pemerintahan Desa Masawah yang diikuti oleh para Perangkat Desa dan anggota BPD. Narasumber kegiatan ini dari Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran yaitu Bpk. Yulianto, S.IP dan Asep Deni G.

Dalam sambutannya Kepala Desa Masawah yang diwakili oleh Sekretaris Desa Yaya Yakub menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Kepala Desa tidak bisa hadir dalam bmtek ini dikarenakan beliau mendapat undangan dari Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat untuk menghadiri Sosialisasi Implementasi Proyek Perubahan Model Bangunan Evakuasi Tsunami Terintegrasi (BUKIT) di Bandung.

“Kegiatan bimtek ini sangat perlu dilaksanakan guna memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang sistem pengelolaan keuangan desa berdasarkan Permendagri 20/2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan implementasi Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 24 Tahun 2018 tentang SOTK Pemerintah Desa serta Klasifikasi Desa di Kabupaten Pangandaran dalam rangka penyusunan Peraturan Desa tentang SOTK Pemerintah Desa Masawah”, tandasnya sekaligus membuka kegiatan bimtek ini.

Dalam bimbingan teknis ada beberapa materi penting yang disampaikan oleh narasumber, diantaranya penegasan muatan vital dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, penganggaran/penyusunan APBDes, penataan dan pelaporan keuangan desa, azaz dan struktur pengelolaan keuangan desa, RPJMDes dan RKPDes.

Dalam pengarahannya narasumber berharap kepada para peserta bimtek ini kedepannya agar bisa meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Tantangan dalam penyelengaraan pemerintahan desa saat ini semakin besar, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya Kepala Desa dan Perangkat Desa juga BPD agar dapat memahami peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam sistem pengelolaan keuangan desa untuk mewujudkan tertib administrasi dan tata kelola keuangan yang baik.

Sementara itu, salah satu peserta bimtek, Yosep Irfan, mengungkapkan kegiatan bimtek ini sangat bermanfaat sekali guna meningkatkan pengetahuan tentang tata kelola pemerintahan desa yang baik, materi yang disampaikan narasumber dari awal sampai akhir tidak merasa jenuh dan menjadikan dirinya menjadi lebih semangat.

“Bimtek ini tentu sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang tata kelola pemerintahan desa yang baik, cara penyampaian materi oleh narasumber sangat dimengerti dan tidak menjenuhkan, diharapkan kegiatan bimtek seperti ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun berikutnya” ucapnya.

5 thoughts on “Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa Tahun 2018

  1. Pemahaman Regulasi dan kerjasama antar lembaga didesa merpakan pra kondisi yang baik untuk membangun desa. Desa Masawah punya potensi itu. Masawah ok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *