Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2019

APBN UNTUK MENDORONG INVESTASI DAN DAYA SAING MELALUI PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA

RAPBN tahun 2019 dirancang sebagai kebijakan fiskal yang sehat, adil, dan mandiri. APBN yang sehat tercermin pada defisit yang semakin turun dan keseimbangan primer menuju positif. RAPBN tahun 2019 juga disusun secara adil dengan menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik dan sumber daya manusia, antara pembangunan pusat dan daerah, serta penerapan sistem perpajakan yang adil. Selanjutnya, penerimaan perpajakan yang menjadi sumber utama pendanaan APBN merupakan gambaran kemandirian fiskal.

Untuk mewujudkan kebijakan fiskal yang sehat, adil, dan mandiri, tema RAPBN tahun 2019 adalah “APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM)”.

Tema tersebut diwujudkan melalui tiga strategi utama, yaitu mobilisasi pendapatan yang realistis dengan tetap menjaga iklim investasi, peningkatan kualitas belanja agar lebih produktif dan efektif dengan penguatan value for money pada program prioritas, serta mendorong efisiensi dan inovasi pembiayaan. Selengkapnya pada daftar informasi berikut ini:

  1. Download RUU APBN 2019
  2. Nota Keuangan dan RUU APBN 2019
  3. Himpunan Rencana Kerja Kementerian/Lembaga 2019
  4. Advertorial RAPBN 2019
  5. Naskah Pidato Presiden RAPBN 2019
  6. Keterangan Pers APBN 2019

Sumber: https://kemenkeu.go.id/rapbn2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *