PANTAI MADASARI, SURGA TERSEMBUNYI DI KABUPATEN PANGANDARAN

Berita Desa

Kabupaten Pangandaran sudah sejak lama dikenal sebagai daerah yang terkenal dengan objek wisatanya. Diantara beberapa objek wisata yang terkenal diantaranya adalah tentu saja Pantai Pangandaran. Pantai Pangandaran merupakan objek wisata favorit dan bisa dibilang sebagai wisata primadona yang ada di Provinsi Jawa Barat. Selain Pantai Pangandaran, Salah satu destinasi favorit lainnya adalah Green Canyon atau Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Kedua objek wisata tersebut sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain kedua objek wisata tersebut, Kabupaten Pangandaran masih memiliki objek wisata pantai yang tersembunyi yaitu Pantai Madasari. Pantai Madasari berlokasi di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, sekitar 45 km dari Pantai Pangandaran. Pantai Madasari dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan dalam kurun waktu sekitar satu jam perjalanan dari Pantai Pangandaran.

Pantai Madasari masih dikelola oleh Pemerintah Desa Masawah. Pengembangan wisatanya sepenuhnya di pegang oleh Pemerintah Desa Masawah. Pengembangan, penataan, dan pengelolaan wisatanya diatur sesuai Peraturan Desa Masawah tentang Pengembangan Desa Wisata. Desa Wisata adalah wilayah pelestarian alam lingkungan ekosistem serta simpul budaya tradisional masyarakat dengan tidak menghambat perkembangan warganya untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya melalui usaha kepariwisataan.

KEINDAHAN PANTAI MADASARI

Pantai Madasari ini menawarkan pesona alamnya yang masih asri dan belum banyak terjamah. Pantai ini memiliki sejuta pesona yang dapat menarik para wisatawan, baik lokal maupun internasional, dengan keindahan alamnya yang sangat cantik dan menawan. Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau dan udara yang masih sangat bersih. Kawasannya masih benar-benar tertata secara alami. Itulah kenapa Pantai Madasari disebut sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Pangandaran.

Sebagai sebuah pantai yang sudah ditetapkan menjadi kawasan wisata. Pantai Madasari adalah pantai yang menjadi pilihan tepat untuk para wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai yang tenang dan nyaman untuk berlibur dan beristirahat sambil menikmati pemandangan yang masih sangat alami. Pantai Madasari memiliki keindahan lautan Samudera Hindia dan bukit-bukit karang yang tersebar di sepanjang pantai. Deburan ombak menjadi sajian alam yang menarik perhatian para wisatawan.
Pantai ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang tersebar di sepanjang Pantai. Pulau-pulau yang menjadi keunikan wisata Pantai Madasari ini terletak beberapa mil dari tepi pantai. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, memiliki batu-batu karang yang sangat cantik. Batu-batu karang yang menjadi magnet para wisatawan, terutama para pecinta foto untuk menghasilkan gambar-gambar yang bagus. Tempat yang cocok untuk objek fotografi. Apalagi disertai deburan ombak yang menghiasi, langit yang indah, dan alam yang mengagumkan, serta pasir pantai yang bersih, sudah dipastikan akan didapatkan foto yang cantik dan menarik.
Ada 11 pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis Pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut mempunyai nama-namanya tersendiri, diantaranya yaitu, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Pulau Legok Bancet. Ada satu pulau terkenal yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut bernama Batuleuit. Batuleuit menjadi icon Pantai Madasari. Sebagai Icon yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, Batuleuit menjadi lokasi yang sering dijadikan background untuk swafoto. Bahkan, banyak para pecinta fotografi datang hanya untuk memotret pulau tersebut.

AKTIVITAS DI PANTAI MADASARI

Pantai Madasari merupakan salah satu pantai yang dikenal memiliki ombak besar yang cocok untuk wisatawan yang memiliki hobi berselancar. Keadaan ombak yang cocok untuk para peselancar tersebut, menjadikan kawasan wisata Pantai Madasari tidak diperuntukkan untuk lokasi tempat berenang. Hal itu disebabkan oleh letak pantai yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Sebagai lokasi yang cocok untuk para peselancar, Pantai Madasari sudah sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing untuk berselancar. Banyak dari para peselancar asing sengaja datang ke Pantai Madasari untuk menikmati ombak besarnya. Ombak besar tersebut, yang dikenal cukup liar dan tidak beraturan, sangat diminati oleh para peselancar.
Selain, ombaknya yang menarik, berkemah juga menjadi daya tarik para wisatawan. Ada jasa penyewaan tenda yang siap digunakan oleh para wisatawan. Hal itu untuk menfasilitasi wisatawan yang ingin bermalam menikmati keindahan laut malam hari. Banyak komunitas-komunitas yang sengaja datang ke Pantai Madasari untuk melaksanakan event-event tertentu dan bermalam mendirikan tenda. Para pengunjung memang dapat menggunakan fasilitas Pantai Madasari untuk mengadakan acara dan menjadikan Pantai Madasari sebagai lokasi acara. Pengunjung dapat menghubungi pemerintah setempat untuk melakukan perijinan terlebih dahulu.

Pantai Madasari juga merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Para pemburu foto pun wajib mengabadikan momen tersebut. Keindahan panorama alam itu dapat membuat para wisatawan terkesan dan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Itulah Pantai Madasari, surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Pangandaran. Pantai Madasari sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari dan bersatu dengan alam. Pantai Madasari bisa menjadi alternatif dan pilihan menarik. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang terdekat. Yuk, liburan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *