Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Anak Balita di Desa Masawah

Kegiatan Posyandu di Posyandu Cempakasari Dusun Masawah (14/3)
Setiap bulan di desa Masawah selalu dilaksanakan kegiatan kesehatan, khususnya kegiatan posyandu anak balita, kegiatan ini berlangsung di 6 (enam) Posyandu yaitu Cempakasari, Plamboyan, Sebe, Sulansari, Miftahul Ulum, dan Sinar Melati.

Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

Tujuan pokok dari Posyandu antara lain untuk :
  • Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,
  • Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi,
  • Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat

Berbagai jenis kegiatan yang dilakukan pada Posyandu antara lain meliputi 5 kegiatan posyandu dan 7  kegiatan posyandu (sapta krida posyandu). Lima kegiatan posyandu antara lain :

Kesehatan ibu anak, Keluarga Berencana, Imunisasi, Peningkatan gizi, dan Penanggulangan diare. Sedangkan tujuh kegiatan Posyandu (sapta krida posyandu) meliputi: Kesehatan ibu anak, Keluarga berencana, Imunisasi, Peningkatan gizi, Penanggulangan diare, Sanitasi dasar, dan Penyediaan obat esensial.

Beberapa jenis pelayanan yang diberikan antara lain : pemeliharaan kesehatan bayi dan balita, penimbangan bulanan, pemberian makanan tambahan, imunisasai bagi bayi 0-11 bulan, pemberian oralit untuk penanggulangan diare, dan pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama.

Beberapa kegiatan pada pemeliharaan kesehatan ibu hamil, ibu menyusui dan pasangan usia subur antara lain : pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan dan nifas, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, imunisasi tetanus toxoid untuk ibu hamil
penyuluhan kesehatan dan keluarga berencana, pemberian oralit pada ibu yang terkena diare
pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama, dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Output kegiatan posyandu berupa cakupan hasil kegiatan penimbangan, pelayanan pemberian makanan tambahan, distribusi paket perbaikan gizi, pelayanan imunisasi, pelayanan keluarga berencana dan penyuluhan. Sedangkan output kegiatan yang diharapkan berupa peningkatan status gizi, dan ibu hamil, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, berat badan lahir rendah dan angka kesakitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *