MASAWAH – Desa Siaga Aktif merupakan salah satu indikator dalam Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten. Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kedaruratan kesehatan, secara mandiri. 

Desa Siaga Aktif adalah desa yang penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) atau sarana kesehatan yang ada seperti, Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau sarana kesehatan lainnya, serta memiliki upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang melaksanakan upaya survailans berbasis masyarakat (pemantauan penyakit, kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan, dan perilaku), penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan kesehatan, serta penyehatan lingkungan.

Sesuai jadwal kegiatan yang telah ditetapkan sebagaimana surat Kepala UPTD Puskesmas Cimerak Nomor 005/51/PKM/2016 tanggal 16 Maret 2016 perihal Pembinaan Forum Desa Sehat Siaga, Puskesmas Cimerak melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Forum Desa Sehat Siaga yang dilaksanakan di Aula Desa Masawah pada hari Rabu (23/03/2016) mulai pukul 09.00 WIB. Pembinaan ini ditujukan untuk memberi bimbingan teknis tentang pengorganisasian dan penggerakan masyarakat, pemecahan masalah yang dihadapi dan peningkatan tahapan pengembangan Desa Siaga Aktif.

Pengembangan Desa Siaga Aktif merupakan program lanjutan dan akselerasi dari Pengembangan Desa Siaga yang sudah dimulai pada tahun 2006, dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat, yaitu upaya memfasilitasi proses belajar masyarakat desa dan kelurahan dalam memecahkan masalah-masalah kesehatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *