Kabupaten Pangandaran adalah sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Jawa Barat. Sebagai daerah otonomi baru pemekaran dari Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran berdiri pada tahun 2013.

Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten yang dikenal sebagai kawasan wisata. Banyak objek wisata yang menjadi pilihan para wisatawan untuk berkunjung ke Pangandaran. Kabupaten Pangandaran terkenal dengan objek wisata pantainya. Di antaranya yaitu, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini, Pantai Karang Tirta, Pantai Karapyak, Pantai Batu Karas, Pantai Muara Gatah, Pantai Madasari, dan beberapa lokasi pantai lainnya. Dari sekian pantai tersebut, ada satu pantai yang paling banyak dikunjungi, yaitu Pantai Pangandaran. 

Pantai Pangandaran berlokasi di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Banyak para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing memilih Pantai Pangandaran sebagai tujuan wisata. Pantai Pangandaran merupakan objek wisata favorit dan bisa dibilang sebagai wisata primadona yang ada di Provinsi Jawa Barat. Dikenal memiliki pantai yang cantik dan indah, para wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Pangandaran untuk beristirahat dan menghabiskan liburan.
Pantai Pangandaran memiliki dua pantai, yaitu pantai yang berada di sisi barat dan pantai yang berada di sisi timur. Kemudian ada satu pantai pasir putih yang berada di Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran.
PANTAI BARAT PANGANDARAN
Ini adalah kawasan pantai yang sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan berbagai aktivitas. Para wisatawan dapat menyewa penginapan, baik hotel maupun motel, baik hostel maupun losmen, baik mess maupun bungalow, semuanya ada. Para wisatawan dapat memilih mana yang terjangkau yang sesuai dengan budget.

Penginapan-penginapan tersebut dapat memfasilitasi para wisatawan, bagi yang ingin mencari tempat untuk tinggal dan tempat beristirahat selama berada di Pantai Pangandaran. Banyak sekali variasinya, para wisatawan tidak akan bingung dalam memilih.

Menikmati sunset merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi para wisatawan Pantai Pangandaran. Sudah sejak lama sunset di Pantai Pangandaran menjadi daya tarik dan magnet bagi para wisatawan. Menikmati Pantai Pangandaran ketika senja tiba dan malam mulai merayap, menjadi kegiatan yang dapat memberikan kesan mendalam bagi para wisatawan. Senja yang menampilkan warna langit jingga, merupakan surga bagi para wisatawan. Terutama bagi para fotografer yang sedang berburu panorama indah. Menyaksikan sunset di Pantai Barat Pangandaran adalah pilihan yang tepat.
Kemudian, jangan lupakan berenang ketika sedang ke Pantai. Pantai ini dilindungi oleh teluk, sehingga ombaknya tidak terlalu besar dan aman untuk dijadikan lokasi berenang. Meskipun begitu, para wisatawan hanya dapat berenang di lokasi yang berada di wilayah zona aman untuk berenang. Selain dapat berenang di pantai ini, para wisatawan juga dapat bermain pasir dan berkuda. Para wisatawan dapat berkuda lewat jasa penyewaan kuda dan bisa menunggang kuda ditemani langsung oleh penyewa kudanya.
PANTAI TIMUR PANGANDARAN

Pantai Timur Pangandaran merupakan surga bagi para pecinta kuliner laut. Berbagai macam aneka olahan laut dapat ditemukan di restoran-restoran dan warung makan yang berada di sepanjang Pantai Timur Pangandaran. Terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menyediakan dan memasarkan berbagai jenis ikan segar yang didistribusikan langsung dari nelayan. Hal itu menjadi surga bagi para pecinta kuliner makanan laut.
Selain itu, Pantai Timur Pangandaran juga menjadi destinasi bagi mereka yang gemar berolahraga air. Wisata watersport terdiri dari Aqua Glade, Banana Boat, Big Mable, Jumper Donut, Uvo Boat, dan Water Jump. Para wisatawan dapat menikmati fasilitas tersebut dari beberapa jasa yang menyediakan paket watersport tersebut. Dipandu oleh pemandu lokal serta dilengkapi dengan safety facility dan dengan pilihan jenis permainan, yaitu permainan yang esktrim, semi, atau biasa.
Jika di Pantai Barat Pangandaran dapat menikmati sunset atau terbenamnya matahari, maka di Pantai Timur Pangandaran para wisatawan dapat menyaksikan pesona keindahan terbitnya matahari atau sunrise. Para wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise dengan cahaya matahari yang begitu indah yang muncul perlahan-lahan dari lepas lautan. Deburan ombak yang memecah ombak bersatu dengan kapal-kapal nelayan yang berlabuh, menjadi teman untuk menikmati sunrise di pagi hari.
PASIR PUTIH PANTAI PANGANDARAN
Pasir Putih Pangandaran berada di lokasi Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran. Salah satu yang menjadi lokasi paling favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Pangandaran. Lokasi dimana terhampar pasir putih yang cantik dan memukau, dengan air laut yang biru, dan alam yang asri menjadi spot yang tepat sekali untuk dikunjungi para wisatawan. Para wisatawan dapat bermain pasir, berswafoto, berfoto bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat, berenang, atau pun hanya untuk berburu foto-foto alam pemandangan.

Ada dua jalur yang bisa dilewati para wisatawan untuk dapat memasuki lokasi pasir putih Pantai Pangandaran. Pertama, dengan menggunakan perahu dari Pantai Barat Pangandaran. Kedua, dengan memasuki kawasan Cagar Alam Pangandaran. Namun, yang paling menarik untuk dipilih adalah dengan memilih jalan darat, yakni melewati pintu Cagar Alam, baik yang ada di sebelah timur maupun yang ada disebelah barat. Para wisatawan dapat menikmati keindahan Cagar Alam yang sangat alami, dengan kedaaan alam yang dilindungi oleh Pemerintah. Memasuki sebuah kawasan wisata hutan lindung tersebut, para wisatawan disuguhkan dengan aneka ragam flora dan fauna keanekaragaman hayati.
Itulah Pantai Pangandaran. Butuh istirahat dan liburan, Pantai Pangandaran adalah pilihan yang tepat. Yuk, datang ke Pantai Pangandaran!

1 Komentar pada “KEINDAHAN PESONA PANTAI PANGANDARAN DI JAWA BARAT SELATAN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *