MASAWAH – Salah satu fungsi dari Peskesmas Pembantu (Pustu) yaitu sebagai unit pelayanan kesehatan yang sederhana dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil. Keberadaan Pustu di sebuah desa merupakan jaringan pelayanan kesehatan masyarakat.

Di Desa Masawah Kec. Cimerak Kab. Pangandaran terdapat Pustu yang digunakan pelayanan kesehatan bagi warganya, Pustu yang berdiri sejak tahun 1988 itu kondisinya sudah tidak layak, meski pada tahun 2009 ada perehaban bangunan namun saat ini kondisi bangunannya sudah rusak.

Namun pada kenyataannya pemanfaatan Pustu sangat dirasakan warga Desa Masawah, seperti salah seorang warga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan dalam proses persalinan. Minggu (7/4/2019) Bidan Desa dengan sigap melayani warganya yang akan melahirkan, proses persalinanpun ditangani dengan profesional.

Dengan sadarnya masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di sebuah desa, maka sepantasnya Dinas terkait lebih selektif dalam merencanakan pembangunan dari sebuah desa terlebih dahulu, memperhatikan dan menjadikan prioritas utama pembangunan sarana kesehatan dari sebuah desa merupakan harapan bagi warga, Tenaga Kesehatan Desa dan Pemerintahan Desa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *