Musyawarah Penggunaan Sumber Air Cilohong (Pamsimas)

MASAWAH – Rabu (10/4/2019) bertempat di Aula Desa Masawah Kec. Cimerak Kab. Pangandaran digelar musyawarah penggunaan air bersih cilohong pada program Pamsimas. Musyawarah yang dihadiri oleh Kasi Kesejahteraan dan Kasi Pemerintahan sebagai mediator dari Pemerintah Desa, pemilik sawah di sekitar sumber air cilhong dan ketua DKM di lingkungan sebagai penerima air bersih untuk sarana umum.

Musyawarah tersebut merupakan lanjutan dari minggu sebelumnya dengan hasil kesepakatan bahwa dibentuk kepengurusan baru pemegang sumber air cilohong adalah LPM, kemudian dibentuk tim pengurus lapangan, dan menentukan harga standar sewa.

Pada musyawarah kali ini menyampaikan hasil musyawarah dari tiap-tiap lingkungannya, mayoritas warga sepakat dari hasil musyawarah sebelumnya bahwa lingkungan akan menyediakan tampungan air secara swadaya. Namun yang menjadi permasalahan adalah konsumen air cilohong lama, mereka mengeluhkan debet air ke rumahnya semakin sedikit sesudah ada program Pamsimas, namun hal tersebut dibantah oleh warga yang lain bahwa meski ada pipa baru dari program pamsimas pengambilan dari sumber mata air jelas sejajar dengan pipa yang lama. Bahkan dari tim pengurus lapangan sudah membuktikan keberadaan pipa pamsimas tidak sama sekali mengganggu pipa yang lama bahkan pipa yang mengalirkan ke pesawahan tetap mengalir seperti biasanya.

Permasalahan tersebut dirasa wajar karena sosialisasi yang tidak tepat sasaran mengenai program pamsimas, seharusnya LPM dan KSM sebagai pemegang program sebelum diserahkan ke Pemerintah Desa secara berkelanjutan terus melakukan sosialisasi terkait hal-hal diluar teknis.

Semoga dengan adanya program Pamsimas yang diperuntukan bagi warga Desa Masawah khususnya di Dusun Masawah, Dusun Babakan dan Dusun Memengger menjadi sebuah bentuk aksi nyata dalam penyediaan air bersih yang merupakan kebutuhan dasar yang sangat vital bagi warga, sehingga manfaat air bersih dirasakan oleh semua warga Desa Masawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *