PKK DESA MASAWAH MENGGELAR LOMBA SENAM SEKOPER CINTA PROGRAM PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

MASAWAH – PKK Desa Masawah yang diketuai oleh Ibu Kepala Desa Masawah, Ipit Pitriani, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Masawah menggelar lomba Menari ‘Sekoper Cinta’ di Aula Desa Masawah, Selasa, 23 April 2019 (23/04/2019).

Sekoper Cinta adalah Program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang digulirkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sekoper Cinta adalah Sekolah Perempuan Mencapai Impian dan Cita-cita. Sekolah Perempuan merupakan salah satu model pemberdayaan perempuan, dengan mengembangkan leadership dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan inklusif. Hasil inisiasi oleh Institut KAPAL Perempuan yang bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Program ini dikhususkan bagi perempuan, program tersebut berawal dari tingginya angka perceraian akibat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan potensi stunting di Jawa Barat. Berkaitan dengan program tersebut, Ibu Gubernur Provinsi Jawa Barat, meluncurkan Senam Sekoper Cinta yang merupakan inovasi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat berdasarkan program tersebut.

Dalam rangka mewujudkan dan mengimplementasikan program tersebut, ketua Tim Penggerak PKK Desa Masawah mengadakan lomba senam sekoper cinta yang diikuti dari perwakilan kader posyandu dari masing-masing dusun di Desa Masawah. Ada 6 perwakilan kader posyandu yang menjadi peserta lomba, khusus untuk Dusun Nyalindung diikuti oleh dua perwakilan, disebabkan ada dua posyandu di dusun tersebut. Diantaranya adalah Posyandu Cempaka Sari dari Dusun Masawah, Posyandu Plamboyan dari Dusun Babakan, Posyandu Sebe dari Dusun Memengger, Posyandu Sulansari dan Posyandu Miftahul dari Dusun Nyalindung, Posyandu Sinar Melati dari Dusun Madasari.

Lomba senam tersebut dimenangkan oleh ibu-ibu kader posyandu Cempakasari dari Dusun Masawah sebagai juara 1, juara 2 dimenangkan oleh Posyandu Sebe dari Dusun Memengger dan Posyandu Plamboyan menempati posisi juara 3 dari Dusun Babakan.

Lomba senam sekoper cinta juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2019. Pada kesempatan itu ibu Ipit Pitriani selaku Ketua Tim Penggerak PKK dalam sambutannya mengatakan, “wanita harus bisa berdaya dan bersanding dengan pria dalam pekerjaan, tapi tidak lupa kodratnya sebagai wanita.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *