Berita Desa

Penyaluran Bantuan Beras CPPD Provinsi Jawa Barat untuk Para Korban Bencana Alam di Desa Masawah

MASAWAH, Bencana banjir yang melanda sekitar 365 hektare sawah milik petani di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, sepanjang tahun 2022, menimbulkan gagal panen akibat padi tersebut tidak berisi buah, padahal usia tanam maksimal.

Terkait dengan hal itu, pada awal tahun 2023 melalui surat proposal nomor 360/002-Des/2023, Pemerintah Desa Masawah melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran mengajukan permohonan bantuan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Provinsi Jawa Barat untuk Korban Pasca Bencana/Keadaan Darurat.

Pada tanggal 9 Maret 2023, Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat melakukan investigasi ke lokasi sawah yang gagal panen akibat tingginya curah hujan dan pasangnya air laut yang merendam sejumlah areal sawah tersebut.

Jum’at 17 Maret 2023 Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat melaksanakan penyaluran Beras CPPD kepada Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran sebanyak 19.508 Kg/Netto untuk 4.335 jiwa, selanjutnya Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran menyerahkan beras CPPD tersebut kepada Camat Cimerak dan oleh Camat Cimerak diserahkan kepada Kepala Desa Masawah. Kemudian masih pada waktu yang sama Kepala Desa Masawah menyerahkan secara simbolis bantuan beras CPPD kepada 5 (lima) orang perwakilan petani.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Masawah Jln. Masawah No. 145 Cimerak Pangandaran. Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi para petani di wilayah Desa Masawah.

 


Bagikan :

Tulis Komentar