Letak Geografis

Secara administratif Desa Masawah berada di Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, terletak antara 7°45’22” LS – 7°47’56” LS dan 108°25’50” BT – 108°30’20” Bujur Timur, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Desa Batukaras Kecamatan Cijulang.
  • Sebelah Barat : Desa Cimerak Kecamatan Cimerak.
  • Sebelah Timur : Samudera Indonesia.
  • Sebelah Selatan : Desa Legokjawa dan Desa Batumalang Kec. Cimerak.

Luas Desa Masawah yaitu 1.847,9 Ha, dengan kondisi topografis dataran dan perbukitan. Bentuk morfologi desa di bagian timur berupa dataran pantai, dataran rendah dan semakin ke barat merupakan dataran bergelombang dan perbukitan. Ketinggian wilayah antara 0-350 meter di atas permukaan laut (dpl).

Secara geografis Desa Masawah berada pada posisi strategis yang dilalui jalan nasional lintas Garut-Pangandaran. Dalam kontek pengembangan wilayah, Desa Masawah mempunyai kawasan andalan yaitu kawasan wisata pantai dengan kegiatan unggulan pengembangan kepariwisataan dan bisnis kelautan.

Orbitasi dari pusat pemerintahan desa Masawah dengan perhitungan waktu perjalanan tanpa macet berdasarkan perhitungan Google Maps adalah sebagai berikut:

No Orbitasi Jarak Waktu Tempuh
Kendaraan Mobil Berjalan Kaki
1 ke Ibukota Negara
345 km
7 jam
71 jam
2 ke Ibukota Provinsi
215 km
5 jam
38 jam
3 ke Ibukota Kabupaten
15 km
25 menit
3 jam
4 ke Ibukota Kecamatan
4,1 km
7 menit
52 menit


Jarak dari Kantor Desa Masawah ke Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110


Jarak dari Kantor Desa Masawah ke Kantor Gubernur Jawa Barat, Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115


Jarak dari Kantor Desa Masawah ke Kantor Bupati Pangandaran, Parigi, Pangandaran, West Java 46393


Jarak dari Kantor Desa Masawah ke Kantor Kecamatan Cimerak, Jl. Raya Cimerak No.46, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat 46595

Kawasan resapan air dan sempadan sungai yang ada di Desa Masawah yaitu Sungai Walagaran, Ciranggon dan Singkil. Sedangkan sempadan pantai terbentang di wilayah timur desa Masawah yaitu di sepanjang pantai Madasari.

Kawasan rawan bencana terdiri dari rawan bencana tsunami berada di sepanjang pantai Madasari (Blok Singkil, Sodonggede, Marengmang, Karang Seke, Cigorowong, Kendal dan Madasari); rawan bencana longsor berada di dusun Masawah dan Babakan (Sirnasari, Masawah, Pasirgaru, Selaawi, Babakan Manggah dan Linggasari); rawan kekeringan berada di dusun Memengger dan Madasari; kawasan rawan banjir berada di dusun Nyalindung (blok Nambogede), dan dusun Memengger (blok Ciranggon dan Ragadiem) dan dusun Madasari (blok Poponcol, Paneureusan, Walagaran).

Kawasan cagar budaya terdapat di Dusun Masawah (Cirawun), Makam Sukayatna (Dusun Babakan) dan Kancah Nangkub (Dusun Madasari).