Visi dan Misi Pembangunan Desa

Gambaran tentang apa yang ingin dicapai oleh Desa Masawah dalam 6 (enam) tahun mendatang melalui Kepala Desa terpilih untuk periode RPJM Desa tahun 2020-2025, dengan mempertimbangkan berbagai isu strategis dan kebijakan nasional maupun daerah yang harus dipedomani. Maka dengan memperhitungkan faktor strategis, potensi yang dimiliki, Visi Desa Masawah tahun 2020-2025 adalah :

MASAWAH HEBAT DAN SMART

(Masawah yang Harmonis, Energik, Berdaya saing, Agamis, dan Tentram serta Sejahtera MAndiri dan bermaRTabat)

Pernyataan Visi Desa Masawah 2019-2025 memiliki makna sebagai berikut:

  1. Masawah adalah Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.
  2. Hebat merupakan singkatan dari Harmonis, Energik, Berdaya Saing, Agamis dan Tentram.
    • Harmonis, mengandung makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan berjalan selaras dengan apirasi masyarakat, Pembangunan desa Masawah yang menjaga keselarasan dan sinergitas dengan pembangunan nasional, pembangunan daerah Provinsi Jawa Barat dan pembangunan Kabupaten Pangandaran, serta Penguatan kerjasama dengan seluruh stakeholders dalam membangun desa Masawah bersama sama.
    • Energik, mengandung makna bahwa pelaksanaan pembangunan desa fokus pada pembangunan manusia seutuhnya, ketersediaaan layanan sosial, serta stimulus bagi masyarakat untuk mengolah seluruh potensi yang ada sehingga bernilai ekonomi tinggi dan lestari agar dapat mengangkat taraf hidup masyarakat.
    • Berdaya Saing, mengandung makna bahwa enam tahun kedepan Desa Masawah terus tumbuh dan berkembang mengungguli desa lain, pro investasi serta integrasi pengembangan agrobisnis lestari dan pariwisata (edu tourims and religi tourism) dengan tetap menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.
    • Agamis, mengandung makna bahwa masyarakat desa Masawah yang taat mengamalkan ajaran agama dengan tertib dimana pemerintah Desa memfasilitasi pembinaan dan pengembangan pengamalan keagamaan secara proporsional.
    • Tentram, mengandung makna bahwa kehidupan masyarakat desa Masawah yang damai, aman tentram dan sentosa, serta pengembangan sistem manajemen bencana secara terpadu.
  3. Smart merupakan singkatan dari Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat.
    • Sejahtera, mengandung makna bahwa enam tahun kedepan meningkatnya pemenuhan kebutuhan layanan dasar, fasilitas umum, pelayanan publik dan pembangunan berwawasan lingkungan.
    • Mandiri, mengandung makna mewujudkan desa Masawah sebagai pusat kegiatan masyarakat yang berkemampuan serta berperan aktif dalam pembangunan, yang dilandasi oleh jiwa dan semangat kewirausahaan untuk meningkatkan potensi dan daya saing desa. Mandiri juga mengandung arti melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan mengutamakan keselarasan pembangunan, toleransi, dan hubungan antar pemangku kepentingan.
    • Bermartabat, mengandung makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan yang tunduk pada prinsip prinsip tata pemerintahan yang bersih, profesional, berwibawa, demokratis, menjunjung tinggi supremasi hukum dan penghormatan yang tinggi terhadap hak asasi manusia.

Misi Pembangunan Desa Masawah

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Dalam mewujudkan visi pembangunan jangka menengah, merujuk pada dokumen pencalonan Visi Misi Kepala Desa Masawah Tahun 2019-2025, maka ditetapkan beberapa misi pembangunan jangka menengah Desa Masawah Tahun 2020-2025, yaitu:

Misi Ke-1

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus luctus nec

Misi Ke-2

Meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia melalui optimalisasi gerakan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang secara terpadu.

Misi Ke-3

Mendorong pertumbuhan ekonomi secara cepat dan tepat serta menuntaskan pembangunan infrastruktur.

Misi Ke-4

Meningkatkan keamanan, ketentraman dan kerukunan (kondusifitas desa) bagi pelaksanaan pembangunan didukung dengan pengamalan ajaran keagamaan dan nilai-nilai budaya luhur.